Buat Hidangan Menjadi Lebih Spesial dengan MEG Cheese
Aug 31, 2021 | News

Buat Hidangan Menjadi Lebih Spesial dengan MEG Cheese

Salah satu cara untuk membuat sebuah hidangan menjadi lebih spesial yaitu dengan memilih bahan-bahan yang tepat dan berkualitas. Keju merupakan salah satu bahan tersebut. Pilihan keju MEG Cheese paling tepat untuk menjadi bahan baku tambahan hidangan. Penggunaan MEG Cheese untuk membuat hidangan jadi lebih spesial, tidak mengubah rasa asli makanan, malah akan menjadikan semakin lezat. Keju MEG Cheese memiliki kandungan susu yang membuat tekstur makanan menjadi lembut dan terasa gurih kejunya. Keju MEG Cheese memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh, diantaranya yaitu karbohidrat, protein, kalsium, zat besi, vitamin, dan lemak. Selain untuk orang dewasa, keju ini juga dapat dikonsumsi oleh anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Varian Produk MEG Cheese

MEG Cheese memiliki beberapa varian produk yang dapat dipilih untuk menjadikan hidangan lebih spesial. Berikut ini varian produknya, yaitu :
  1. MEG Cheddar Slice
Keju cheddar olahan yang memiliki tekstur elastis, lembut, dan tidak mudah patah untuk berbagai kreasi hidangan yang unik. MEG Cheddar Slice ini memiliki aroma dan rasa yang keju banget. Sudah berbentuk lembaran-lembaran yang siap pakai sehingga memudahkan penyajian hidangan menjadi lebih spesial.
  1. MEG Processed Cream Cheese
Salah satu varian produk yang digemari menjadi bahan baku hidangan spesial. Keju krim berwarna putih yang rich, creamy, dan tidak asin. Keju ini bisa disimpan di suhu ruang dan tidak perlu chiller untuk menyimpannya. Kemasannya praktis baik untuk kebutuhan bakery maupun rumah tangga. Cek produknya di halaman MEG Cream Cheese.
  1. MEG Cheddar
Keju cheddar olahan ini memberikan hasil panggangan golden brown dengan rasa dan aroma yang keju banget. Keju ini mudah dipakai untuk berbagai macam hidangan.
  1. MEG Slice Melt
Keju cheddar olahan tinggi kalsium dengan kejutan meleleh ketika dipanaskan, memiliki rasa yang keju banget serta pengaplikasian yang mudah. Cocok untuk dikonsumsi baik langsung maupun untuk sebagai bahan baku hidangan spesial. Cek produknya di halaman MEG Keju Melt. Info lebih lengkap mengenai berbagai varian produk dari MEG Cheese dapat dilihat di halaman https://megcheese.id/products/ dan selalu gunakan produk MEG Cheese untuk membuat hidangan menjadi lebih spesial.
8 Cara Simpan Keju Cheddar Agar Tetap Segar & Bebas Jamur
Jul 31, 2021 | News

10 Cara Simpan Keju Cheddar Agar Tetap Segar & Bebas Jamur

Keju di Indonesia sudah menjadi salah satu bahan makanan yang banyak disukai oleh semua kalangan, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Salah satu jenis keju yang paling digemari adalah keju cheddar. Keju ini selain sebagai bahan campuran kue dan cake, juga dipakai untuk menambah kelezatan masakan, seperti pasta, nasi goreng, dan lain sebagainya. Seringkali, keju cheddar yang terpakai tidak langsung habis dan harus disimpan sebagiannya. Terkadang, jika cara menyimpannya tidak baik, maka suatu saat akan digunakan lagi, keju sudah tidak segar dan menjadi kering serta tumbuh jamur. Pastikan menyimpan keju dengan cara yang baik supaya lebih awet. Lalu, bagaimana cara menjaga keju cheddar tetap segar dan bebas jamur selama disimpan?

Cara Simpan Keju Cheddar

Yuk, simak beberapa tips cara simpan keju cheddar tetap segar dan bebas jamur berikut ini :
  1. Manfaatkan Kotak Karton Keju atau Kemasan Asli Keju Untuk keju blok, lipat plastik pembungkus keju dengan rapi dan masukkan kembali ke kotak kartonnya. Sedangkan, plastik kemasan keju slice bisa dilipat dan direkatkan dengan selotip.
  2. Gunakan Wadah Kedap Udara Simpan keju di wadah kedap udara seperti toples dan wadah lainnya sehingga tekstur lembutnya tetap terjaga.
  3. Simpan dalam kulkas Perlu diingat bahwa keju berasal dari susu kaya nutrisi, seperti protein dan kalsium, yang sangat memungkinkan bakteri jahat dan jamur berbahaya tumbuh di permukaan keju. Masukkan ke dalam kulkas dalam kondisi tersimpan di wadah kedap agar menjaga kandungan nutrisi dan aman untuk dimakan.
  4. Gunakan Kantong Keju atau Kertas Keju Agar keju tetap segar selama mungkin, kantong keju atau kertas keju adalah cara terbaik untuk menyimpannya. Ini berpori, sehingga melindungi keju dari paparan udara sambil tetap membiarkannya bernafas. Namun, harganya sedikit lebih mahal bila dibandingkan dengan kertas roti.
  5. Bungkus Menggunakan Kertas Roti Jika tidak ingin membeli kertas keju, maka gunakan kertas roti untuk membungkus keju agar tidak kering dan berjamur selama penyimpanan.
  6. Pakai Alumunium Foil Manfaatkan kertas aluminium foil untuk bungkus keju cheddar dan simpan dalam kulkas.
  7. Gunakan Minyak untuk Mencegah Jamur Oleskan minyak zaitun, kanola, atau minyak sayur lainnya pada bagian yang terpotong, lalu simpan dalam wadah kedap udara di kulkas. Jika ada jamur yang mulai tumbuh, itu akan berada di minyak, bukan keju itu sendiri. Kemudian, Anda bisa menyekanya dengan handuk kertas dan bilas dengan air hangat.
  8. Gunakan Mentega / Margarine Selain minyak diatas, bisa juga oleskan mentega atau margarine pada keju yang terpotong atau bagian luarnya karena udara bisa membuat keju menjadi kering.
  9. Gunakan Gula Merah Letakkan gula merah berdampingan dengan keju agar terhindar dari kontaminasi jamur saat penyimpanan.
  10. Jauhkan dari Makanan yang Memiliki Bau Menyengat Saat disimpan, jauhkan keju dari makanan yang berbau menyengat yah, karena keju memiliki sifat mudah tercemar rasa dan bau.
Tahu tips dan trik lain untuk menjaga keju tetap segar dan tidak berjamur? Bagikan dengan kami di komentar yah.
Sejarah dan Resep Populer Cheese Cake di Dunia - MEG Cheese
Jun 21, 2021 | News

Ini Sejarah dan Resep Populer Cheese Cake di Dunia

Cheese Cake merupakan kue yang sangat populer di seluruh dunia dan resepnya pun beragam, tergantung dari negara-negara tersebut yang memodifikasi sehingga sesuai dengan budaya setempat. Apakah Anda tahu, bahwa cheese cake ini sebenarnya bukan berasal dari Amerika Serikat? Mau tahu? Yuk ikuti terus artikel ini.

Sejarah Cheese Cake

Berdasarkan keterangan para ahli, versi pertama cheese cake diperkirakan berasal dari pulau Samos, Yunani (Yunani Kuno) pada 2000 SM (Sebelum Masehi). Pembuatan kue ini pun masih sederhana, bahan-bahannya dari tepung, gandum, madu, dan keju yang dibentuk menjadi kue lalu dipanggang. Yunani kemudian ditaklukkan oleh Romawi. Bangsa Romawi lalu memodifikasi resep cheese cake tersebut dengan menambahkan telur dan pada proses pembuatannya, seperti menghancurkan keju dan telur. Bahan-bahan tersebut dipanggang di bawah batu bata panas dan disajikan hangat. Cheese cake tersebut awalnya digunakan sebagai persembahan kepada para Dewa Romawi. Pada saat bangsa Romawi memperluas daerah kekuasaannya ke Eropa, resep cheese cake pun ikut menyebar. Akhirnya, setiap negara eropa memiliki resep cheese cake khas tersendiri sesuai dengan budaya setempat. Memasuki abad ke 18, orang Eropa mulai menggunakan telur kocok sebagai pengganti ragi sehingga menghasilkan kue yang mengembang dan lebih manis. Menghilangkan rasa ragi yang kuat membuat cheese cake akan terasa lebih seperti makanan penutup. Orang-orang Eropa pun bermigrasi ke Amerika dan membawa resep ini bersama mereka. Disinilah cheese cake ditambahkan cheese cream dan lahirlah resep cheese cake Amerika yang terkenal kelezatannya.

Resep Cheese Cake di Seluruh Dunia

Semakin mudah dan seringnya orang-orang berinteraksi antar wilayah dan negara di seluruh dunia, maka semakin tersebarlah resep cheese cake. Setiap negara dan wilayah di dunia memiliki ciri khas masing-masing. Yuk, simak variasi resepnya, semoga bisa menjadi inspirasi yah bagi kamu. 1. ASIA Pada umumnya, cheese cake Asia memiliki rasa dan tekstur yang lebih ringan dan kenyal serta lebih manis bila dibandingkan dengan wilayah lainnya. Ada beberapa resep di negara-negara Asia yang menonjol, diantaranya yaitu Jepang, India, Filipina, dan Australia. Cheese cake ala Jepang memiliki tekstur yang khas dan lembut, mirip dengan souffle saat baru keluar dari oven dan seperti kue sifon saat dingin. Bahan-bahannya yaitu krim keju, mentega, gula, dan telur. Negara bagian Odisha di India terkenal dengan chhena poda yang merupakan sejenis cheese cake yang dibuat dengan memanggang campuran chhena (sejenis keju cottage), gula, dan kacang-kacangan. Ube cheese cake Filipina dibuat dari bahan dasar biskuit graham yang dihancurkan dan lapisan atas krim keju dan ube halaya (ubi ungu tumbuk dengan susu, gula, dan mentega) dan dapat disiapkan dengan cara dipanggang ataupun didinginkan. Cheese cake ala Australia prosesnya lebih sering tidak dipanggang. 2. AFRIKA Cheese cake ala Afrika Selatan memiliki kemiripan dengan cheese cake Inggris. Proses pembuatannya tidak dipanggang dan terkadang ada penambahan minuman keras Amarula saat prosesnya. Bahan-bahannya yaitu cheese cream, krim kocok, agar - agar untuk isiannya, dan digestive biscuit yang diolesi mentega. 3. AMERIKA Amerika Serikat memiliki 2 jenis cheese cake yang populer yaitu cheese cake New York dan Chicago. Cheese cake ala New York menggunakan bahan dasar cream cheese dan hasilnya memiliki konsistensi yang padat, halus, dan lembut. Cheese cake ala Chicago merupakan versi cheese cream panggang yang keras di bagian luar dengan tekstur lembut di bagian dalamnya. Biasanya cheese cake ini dibuat dalam loyang kue yang dilumuri minyak dan teksturnya relatif lembut. 4. EROPA Ada variasi resep cheese cake dari Eropa. Inggris membuat versi dengan dasar biskuit yang rapuh, isi cheese cream mentah dan topping buah. Jerman menggunakan keju cottage. Yunani menggunakan mizithra atau feta. Belanda dan Polandia menyukai quark. Italia menggunakan ricotta. Prancis menggunakan keju Neufchâtel. Rusia mencampur tvorog (quark Rusia), telur dan semolina, serta kismis. Gimana, sudah tahu kan sejarah dan resep populer cheese cake di dunia. Informasi mengenai cheese cake tersebut semoga menjadi sebuah inspirasi bagi kamu yah saat ingin mengembangkan resep kesukaanmu. Oia, lihat juga resep cheese cake dari kami yah dan jangan lupa, selalu pakai keju MEG Cheese untuk pembuatan resep kamu yah.   Referensi : https://culinaryhistory.co.uk https://www.cheesecake.com https://en.wikipedia.org/wiki/Cheesecake
6 RESEP KUE KERING UNTUK LEBARAN DARI MEG CHEESE
Apr 27, 2021 | News

6 Resep Kue Kering untuk Lebaran dari MEG Cheese

Salah satu bahan makanan yang disukai oleh lebih dari setengah populasi warga dunia yaitu keju. Keju merupakan makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan dengan bantuan enzim atau bakteri tertentu. Keju memiliki kandungan nutrisi, seperti kalsium, protein, mineral, vitamin, fosfor, lemak dan kolesterol. Oleh karena itu, keju bisa menjadi bahan tambahan untuk pembuatan kue kering. Menjelang Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri, biasanya masyarakat membuat kue kering untuk dihidangkan pada saat Lebaran nanti. Nah, mau membuat kue kering yang berbeda saat lebaran nanti? MEG Cheese menyediakan beberapa resep kue kering untuk lebaran yang bisa kamu ikuti cara pembuatannya.

Kue Kering untuk Lebaran

MEG Cheese memiliki beberapa resep untuk kamu jadikan inspirasi agar lebaran nanti akan semakin semarak dengan kehadiran kue kering yang beda dari yang lain. Yuk, simak beberapa resep kue kering untuk lebaran di bawah ini.
  1. MEG Cheese Macaron Membuat kue kering ini, ada beberapa bahan yang perlu disediakan, diantaranya yaitu 150 gr icing sugar, 150 gr almond powder, 150 gr custer sugar, 50 gr putih telur, 100 gr white chocolate (dipotong-potong), 2 sdm krim kental, 1,5 sdm vanilla bubuk,  2 sdm MEG Cheddar Cream Cheese. Cara pembuatannya klik disini.
  2. MEG Cheese Almond Cookies Beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat kue kering almond ini yaitu 275 gr terigu protein sedang, 30 gr susu bubuk, 80 gr MEG Cheddar parut, 30 gr almond powder, 1 sdt baking powder. Cara pembuatannya klik disini.
  3. MEG Cheese Nut Cookies Bahan – bahan yang diperlukan untuk membuat ini yaitu 100 gr butter, 100 gr margarin, 120 gr gula halus, 55 gr kacang mede, 90 gr selai kacang, 260 gr tepung terigu protein rendah dan secukupnya Keju MEG Cheddar Slice. Cara pembuatannya klik disini.
  4. MEG Cheese Double Roll Cookies Ini bahan yang dibutuhkan untuk membuat double roll cookies. 125 gr unsalted butter, 30 gr icing sugar, 150 gr MEG Cheddar, 2 gr garam, 30 gr telur, 8 slice MEG Cheddar Slice. Cara pembuatannya klik disini.
  5. MEG Cheese Double Decker Pinapple Tart Pembuatan kue kering ini membutuhkan beberapa bahan, diantaranya yaitu 195 gr butter, 55 gr margarin, 3 pcs kuning telur, 3 gr vanilla essence, 12 lembar MEG Cheddar Slice, 500 gr selai nanas. Cara pembuatannya klik disini.
  6. MEG Cheese Bite Frozen Cookies Bahan yang diperlukan yaitu 200 gr unsalted butter, 50 gr telur, 50 gr almond powder, 200 gr MEG Cheddar Cream Cheese, 100 gr MEG Cheddar. Cara pembuatannya klik disini.
Itulah beberapa resep kue kering untuk lebaran yang dapat kamu jadikan inspirasi. Selain resep kue kering diatas, MEG Cheese juga memiliki beberapa resep lainnya yang bisa dilihat di halaman resep olahan keju. Yuk, coba resep baru di rumah kamu.
Mar 23, 2021 | Event

Buat Kreasi Resepmu Bersama MEG Cheese, Dapatkan Hadiahnya!

Hai.. MEG Cheeselover 😍 absen yuk, siapa di sini yang suka masak dan bikin resep masakan kamu sendiri lalu upload resep tersebut di Cookpad? Yuk saatnya tunjukan kreativitas untuk membuat resep favorit kamu MEG Cheeselover. Karena 5 resep yang menarik akan mendapatkan hadiah special dari MEG Cheese! - Caranya gampang banget : 1. Peserta WAJIB follow akun MEG Cheese Indonesia pada aplikasi Cookpad 2. Setelah itu Peserta WAJIB share resep kreasinya ke dalam akun Cookpad masing-masing. 3. Lalu ceritakan kenapa resep ini sangat special di dalam kolom deskripsi, serta tambahkan hastag #iMEGYouMoreSpecial dan #ResepMEGCheese 4. 5 peserta beruntung akan mendapatkan OVO dari @megcheese.id 5. Tidak hanya itu, resep peserta yang menang akan dinaikan ke social media @megcheese.id - Ingat, upload resepnya di Cookpad ya MEG Cheeselover. Semoga beruntung 😍😍 - #MEGCheese #iMEGYou #iMEGYouMoreSpecial #ResepMEGCheese #MEGSliceMelt #SensasiMeleleh #kejujepangyangsebenarnya
Piknik Sempurna Bersama Keluarga, Jangan Lupa Bawa Ini MEG Cheese
Mar 22, 2021 | News

Piknik Sempurna Bersama Keluarga, Jangan Lupa Bawa Ini

Piknik merupakan cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Namun, ketika Anda jauh dari rumah, maka harus berkemas dengan benar. Jika lupa membawa barang-barang tertentu, bisa jadi piknik Anda bersama keluarga diakhiri lebih awal dengan perjalanan ke toko terdekat atau pulang ke rumah. Jadi, pastikan terlebih dahulu sebelum berangkat piknik bersama orang yang dicintai, Anda memiliki semua yang Anda butuhkan. Ini beberapa daftar periksa yang dapat membantu Anda mempersiapkan piknik dalam hitungan menit. Makanan Makanan apa yang Anda butuhkan untuk piknik bersama keluarga? Ada makanan ringan dan juga makanan berat untuk makan siang, selain itu jangan lupa membawa buah yang disukai oleh keluarga Anda, contohnya buah apel, pir, pepaya. Makanan ringan lebih baik buatan sendiri karena akan menjadikan lebih akrab antar keluarga, contohnya roti isi dengan isian sayur, daging, keju, saos. Keju bisa gunakan keju cheddar slice dari MEG Cheese yang sudah terkenal enaknya dan rasanya yang creamy. Makanan berat untuk makan siang, usahakan menu yang ada sayur selain nasi dan daging (ayam ataupun sapi). Cobalah untuk tidak mengemas apa pun yang akan meleleh di bawah sinar matahari, seperti cokelat batangan. Minuman Jangan lupa bawa minuman. Selain air putih, usahakan juga bawa jus kotak atau minuman segar yang sudah dikemas. Oia, jangan lupakan bawa gelas plastiknya juga yah biar lebih akrab antar anggota keluarga. Alat Makan Selain gelas plastik, Anda juga akan membutuhkan garpu, sendok, serbet, piring, pisau, atau tisu basah dan tisu kering. Ingat, jangan bawa alat makan yang berbahan kaca atau yang mudah pecah yah. Hiburan Selain makan, aktivitas apa lagi yang bisa Anda lakukan bersama keluarga saat piknik? Ada banyak loh! Anda bisa pergi berenang jika Anda piknik di dekat pantai, sungai, atau air terjun yang berarti Anda perlu membawa handuk dan baju renang atau baju salin untuk semua anggota keluarga. Jika dekat pantai, bisa juga membangun istana pasir ataupun kegiatan lain yang dapat dilakukan di pasir pantai. Jika di hutan, bisa bermain petak umpet (jangan jauh2 yah!) ataupun outbound yang disediakan oleh pengelola tempat piknik. Paling penting, pikirkan tentang aktivitas apa yang ingin Anda lakukan bersama keluarga dan kemas sesuai aktivitas hiburan yang akan dijalani sebelum Anda pergi.

Kebutuhan Piknik Tambahan

Pastikan Anda juga memasukkan obat nyamuk dan tabir surya ke dalam tas piknik. Jika Anda membawa serta hewan peliharaan, jangan lupa bawa tali dan tas hewan peliharaan untuk berjaga-jaga. Satu hal lain yang dibutuhkan semua adalah alas untuk tempat duduk dan selimut. Memiliki selimut merupakan ide yang baik karena Anda bersama keluarga mungkin ingin berbaring setelah makan. Semua daftar periksa diatas bisa membuat piknik Anda bersama keluarga semakin rileks dan menyenangkan. Apa kebutuhan Anda untuk piknik yang sempurna?