Ini Sejarah dan Resep Populer Cheese Cake di Dunia


Cheese Cake merupakan kue yang sangat populer di seluruh dunia dan resepnya pun beragam, tergantung dari negara-negara tersebut yang memodifikasi sehingga sesuai dengan budaya setempat. Apakah Anda tahu, bahwa cheese cake ini sebenarnya bukan berasal dari Amerika Serikat? Mau tahu? Yuk ikuti terus artikel ini.

Sejarah Cheese Cake

Berdasarkan keterangan para ahli, versi pertama cheese cake diperkirakan berasal dari pulau Samos, Yunani (Yunani Kuno) pada 2000 SM (Sebelum Masehi). Pembuatan kue ini pun masih sederhana, bahan-bahannya dari tepung, gandum, madu, dan keju yang dibentuk menjadi kue lalu dipanggang.

Yunani kemudian ditaklukkan oleh Romawi. Bangsa Romawi lalu memodifikasi resep cheese cake tersebut dengan menambahkan telur dan pada proses pembuatannya, seperti menghancurkan keju dan telur. Bahan-bahan tersebut dipanggang di bawah batu bata panas dan disajikan hangat. Cheese cake tersebut awalnya digunakan sebagai persembahan kepada para Dewa Romawi.

Pada saat bangsa Romawi memperluas daerah kekuasaannya ke Eropa, resep cheese cake pun ikut menyebar. Akhirnya, setiap negara eropa memiliki resep cheese cake khas tersendiri sesuai dengan budaya setempat. Memasuki abad ke 18, orang Eropa mulai menggunakan telur kocok sebagai pengganti ragi sehingga menghasilkan kue yang mengembang dan lebih manis. Menghilangkan rasa ragi yang kuat membuat cheese cake akan terasa lebih seperti makanan penutup.

Orang-orang Eropa pun bermigrasi ke Amerika dan membawa resep ini bersama mereka. Disinilah cheese cake ditambahkan cheese cream dan lahirlah resep cheese cake Amerika yang terkenal kelezatannya.

Resep Cheese Cake di Seluruh Dunia

Semakin mudah dan seringnya orang-orang berinteraksi antar wilayah dan negara di seluruh dunia, maka semakin tersebarlah resep cheese cake. Setiap negara dan wilayah di dunia memiliki ciri khas masing-masing. Yuk, simak variasi resepnya, semoga bisa menjadi inspirasi yah bagi kamu.

1. ASIA
Pada umumnya, cheese cake Asia memiliki rasa dan tekstur yang lebih ringan dan kenyal serta lebih manis bila dibandingkan dengan wilayah lainnya. Ada beberapa resep di negara-negara Asia yang menonjol, diantaranya yaitu Jepang, India, Filipina, dan Australia. Cheese cake ala Jepang memiliki tekstur yang khas dan lembut, mirip dengan souffle saat baru keluar dari oven dan seperti kue sifon saat dingin. Bahan-bahannya yaitu krim keju, mentega, gula, dan telur. Negara bagian Odisha di India terkenal dengan chhena poda yang merupakan sejenis cheese cake yang dibuat dengan memanggang campuran chhena (sejenis keju cottage), gula, dan kacang-kacangan. Ube cheese cake Filipina dibuat dari bahan dasar biskuit graham yang dihancurkan dan lapisan atas krim keju dan ube halaya (ubi ungu tumbuk dengan susu, gula, dan mentega) dan dapat disiapkan dengan cara dipanggang ataupun didinginkan. Cheese cake ala Australia prosesnya lebih sering tidak dipanggang.

2. AFRIKA
Cheese cake ala Afrika Selatan memiliki kemiripan dengan cheese cake Inggris. Proses pembuatannya tidak dipanggang dan terkadang ada penambahan minuman keras Amarula saat prosesnya. Bahan-bahannya yaitu cheese cream, krim kocok, agar – agar untuk isiannya, dan digestive biscuit yang diolesi mentega.

3. AMERIKA
Amerika Serikat memiliki 2 jenis cheese cake yang populer yaitu cheese cake New York dan Chicago. Cheese cake ala New York menggunakan bahan dasar cream cheese dan hasilnya memiliki konsistensi yang padat, halus, dan lembut. Cheese cake ala Chicago merupakan versi cheese cream panggang yang keras di bagian luar dengan tekstur lembut di bagian dalamnya. Biasanya cheese cake ini dibuat dalam loyang kue yang dilumuri minyak dan teksturnya relatif lembut.

4. EROPA
Ada variasi resep cheese cake dari Eropa. Inggris membuat versi dengan dasar biskuit yang rapuh, isi cheese cream mentah dan topping buah. Jerman menggunakan keju cottage. Yunani menggunakan mizithra atau feta. Belanda dan Polandia menyukai quark. Italia menggunakan ricotta. Prancis menggunakan keju Neufchâtel. Rusia mencampur tvorog (quark Rusia), telur dan semolina, serta kismis.

Gimana, sudah tahu kan sejarah dan resep populer cheese cake di dunia. Informasi mengenai cheese cake tersebut semoga menjadi sebuah inspirasi bagi kamu yah saat ingin mengembangkan resep kesukaanmu. Oia, lihat juga resep cheese cake dari kami yah dan jangan lupa, selalu pakai keju MEG Cheese untuk pembuatan resep kamu yah.

 

Referensi :
https://culinaryhistory.co.uk
https://www.cheesecake.com
https://en.wikipedia.org/wiki/Cheesecake

Artikel Terkait

Buat Hidangan Menjadi Lebih Spesial dengan MEG Cheese
Aug 31, 2021 | News

Buat Hidangan Menjadi Lebih Spesial dengan MEG Cheese

Salah satu cara untuk membuat sebuah hidangan menjadi lebih spesial yaitu dengan memilih bahan-bahan
Baca Selengkapnya
8 Cara Simpan Keju Cheddar Agar Tetap Segar & Bebas Jamur
Jul 31, 2021 | News

10 Cara Simpan Keju Cheddar Agar Tetap Segar & Bebas Jamur

Keju di Indonesia sudah menjadi salah satu bahan makanan yang banyak disukai oleh s
Baca Selengkapnya
6 RESEP KUE KERING UNTUK LEBARAN DARI MEG CHEESE
Apr 27, 2021 | News

6 Resep Kue Kering untuk Lebaran dari MEG Cheese

Salah satu bahan makanan yang disukai oleh lebih dari setengah populasi warga dunia yaitu keju. Keju
Baca Selengkapnya
Piknik Sempurna Bersama Keluarga, Jangan Lupa Bawa Ini MEG Cheese
Mar 22, 2021 | News

Piknik Sempurna Bersama Keluarga, Jangan Lupa Bawa Ini

Piknik merupakan cara yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Namun, ketika And
Baca Selengkapnya
Jun 16, 2020 | News

New Normal, New Face!

New Normal? Yup kalimat ini sedang happening banget sejak adanya pandemic Covid 19
Baca Selengkapnya